Yuuuk belajar
animasi pakai flash 8...!!!!!
By:nurul khomariyah
Contoh Animasi dengan Menggunakan Flash 8
Animasi Shape (Perubahan Bentuk Retangle
menjadi Oval)
- Pilih Retangle tool
- Gambar Retangle tool pada layer 1
- Lalu masuk frame 30 klik kanan Insert blank keyframe
- Pilih Oval tool lalu gambar.
- Klik layer pilih Tween Shape
- Selesai untuk lihat hasilnya tekan Ctrl + Enter
Animasi Shape (Perubahan Bentuk Retangle
menjadi Tulisan)
- Pilih Retangle tool
- Gambar Retangle tool pada layer 1
- Lalu masuk frame 30 klik kanan Insert blank keyframe
- Pilih Text Tool (Tulis).
- Pilih selection tool dan arahkan kursor ketulisan
- Klik kanan BreakApart sampai 2 kali
- Klik layer pilih Tween Shape
- Selesai untuk lihat hasilnya tekan Ctrl + Enter
Animasi Mask (Animasi topeng/tulisan)
1.
Pilih Text tool pada layer 1 (Tulis) lalu copy tulisan tersebut,
setelah itu rubah warna tulisannya dengan menggunakan Fill color
2.
Klik Insert layer 2, klik kanan pada stage paste in place
3.
Rubah warna tulisan dengan cara pilih Fiil color (agar bisa
membedakan tulisan layer 1 dan 2) pilih paint bucket lalu klik kearah tulisan
tersebut.
4.
Lalu Insert layer 3 pilih retangle tool (untuk mengatur agar
supaya gambar kotak miring pilih Free Transform Tool)
5.
Seleksi frame 30 pada layer 1 sampai 3
6.
Klik kanan Insert Frame
7.
Masuk layer 3 klik kotak (retangle yg sempat dibuat tadi)
8.
Arahkan kursor ke timeline pada layer 3,
9
Klik kanan Create Motion Tween
10.
Geser kotak ke kanan
11.
Klik kanan pada layer 3 pilih Mask
12.
Selesai untuk lihat hasilnya tekan Ctrl + Enter
Animasi Guide (Petunjuk Garis)
1.
Pilih Retangle tool
2.
Gambar Retangle tool pada layer 1
3.
Add Motion Guide
- Seleksi frame 30 pada layer 1 dan Guide layer Lalu masuk frame 30 klik kanan Insert frame
5.
Klik Guide Layer Pilih pencil tool (Gambar
jalur)
- Klik layer 1 arahkan kursor ke timeline pada layer 1 Create Motion Tween
- Geser kotak dari ujung awal sampai ujung akhir
8. Selesai
untuk lihat hasilnya tekan Ctrl + Enter
Fungsi Script gotoAndPlay
Fungsi script gotoAndPlay
biasanya digunakan untuk memanggil script yang ada di frame Seperti Frame
number, Frame Label, Expression, Next Frame dan Previous Frame. Sebagai contoh
dari penggunaan script ini saya coba praktekkan pada tutorial membuat slide
Presentasi Foto. Anggap bahwa pada Foto 1 dan Foto 2 yaitu sebagai halaman dari
slide tersebut.
Langkah pertama buka software flash 8. Kemudian buka
file > Import > Impot to stage (Ctrl+R) Pilih Gambar.
Sekarang masukkan tombol yang sudah jadi yang ada di
Common Libraries. Caranya klik Window > Common Libraries > Buttons.
Setelah jendela Common Libraries muncul, kemudian
pilih tombol yang akan Anda gunakan. sebagai contoh saya akan menggunakan
tombol Playback Rounded > Rounded grey Play. Cara memasukkannya Anda tinggal
menggeser tombol tersebut kedalam layout flash anda, kemudian letakan pada
stage gambar (lihat gambar diatas).
Sekarang Anda buat layer baru lagi, dimana layer baru
ini akan digunakan untuk script stop. Fungsi dari script stop ini yaitu untuk
menghentikan perpindahan frame supaya tidak bergerak ke frame berikutnya.
Sekarang pada layer 1 sampai layer 3, di frame 2 buat
keyframe baru caranya dengan menekan F6 pada key board. Kemudian Gambar 1 di
Frame 2 dihapus lalu masukkan lagi seperti perintah diatas, buka file >
Import > Impot to stage (Ctrl+R) Pilih Gambar. (lihat gambar).
Selanjutnya sekarang kita akan membuat tombol
previous, caranya klik layer 2 frame 2 lalu klik tombol play yang sudah ada
kemudian dilanjutkan dengan mengklik Modify > Transform > Flip
Horisontal. sehingga tombol akan terlihat seperti pada gambar dibawah.
Sekarang kita akan memasukan script stop. caranya klik
pada Layer 3 pada frame 1 kemudian tekan F9, setelah jendela Action Script
muncul, ketik ”stop();” (tidak pakai tanda
petik). Lakukan langkah yang sama pada layer 3 pada frame 2 ketik ”stop();”
Langkah selanjutnya sekarang kita akan memasukkan
script “gotoAndPlay” pada tombol play.
Caranya klik pada tombol play, tekan F9 kemudian muncul pada jendela Actions
Script.
Ketik:
on
(release){
gotoAndPlay(2)
}
Kemudian lakukan setting pada kotak Frame, ubah angka
satu menjadi angka 2. Dimana, angka dua ini merupakan nomer frame, jadi ketika
tombol di klik maka maka animasi akan bergerak ke frame 2.
Selanjutnya lakukan langkah yang sama juga pada tombol
previous. Hanya yang membedakannya adalah settingan pada kotak Frame, angkanya
jangan di ubah tetap angka 1. Artinya ketika tombol di klik maka animasi akan
bergerak ke frame 1.
Ketik:
on (release){
gotoAndPlay(1)
}
Kemudian lakukan setting pada kotak Frame, ubah angka
satu menjadi angka 1. Dimana, angka dua ini merupakan nomer frame, jadi ketika
tombol di klik maka maka animasi akan bergerak ke frame 1
SELESAI…. Untuk melihat hasilnya tekan ”Ctrl+Enter”
SELAMAT MENCOBAAA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar